SMA NEGERI 8 BALIKPAPAN

Konsep Teknologi Overclock

Posted on: 5 April 2009

Overclock dalam lingkungan hardware adalah tindakan yang dilakukan terhadap prosesor atau komponen lain untuk bekerja di atas spesifikasi yang di berikan oleh pabrik pembuatnya.

Overclock dilakukan untuk meningkatkan kinerja komputer dengan menggunakan clock sebagai panduannya dimana prosesor memerlukan clock itu untuk melakukan instruksi tertentu.overclock dapat dilakukan karena pada saat prosesor dibuat produsen selalu memberikan batas toleransi kerja(berkisar antara 5%-10%)sehingga misal prosesor yang mempunyai clock 100 Mhz masih dapat bekerja antara 90 -110 Mhz (batas toleransi) tanpa adanya gangguan Overclock sendiri dapat dilakukan pada prosesor kelas 486 keatas.

Di bawah ini adalah efek negatif dari overclock dan beberapa solusinya:

Panas yang tinggi

Menaikkan cpu clock akan menyebabkan frekuensi kerja prosesor akan semakin tinggi ,akibatnya elektron yang berada dalam prosesor akn bergerak lebih cepat ,tumbukan akan lebih sering terjadi sehingga panas yang di hasilkan akan lebih tinggi dari biasanya.tetapi dengan tehnik pendinginan prosesor maka hal ini dapat di hindari.

Umur processor yang lebih singkat

Penyebab lain dari panasnya processor adalah umur processor yang lebih singkat .tapi dengan tehnik penurunan prosesor hal ini dapat di hindari. Selain itu ,umur prosesor bukan hanya satu-dua tahun tapi bisa bertahan hingga belasan tahun.tapi bukankah teknologi terus bergerak dengan pesat anda tidak akan menggunakan processor yang sama untuk jangka waktu 10 tahun yang akan datang misalnya.

Integritas data

Hal ini disebabkan oleh panas yang di hasilkan processor .Dalam dunia digital ,masalah timng ini sangat penting. Karena jika terjadi keslahan timing pada sinyal (walau hanya beberapa nano atau piko)akan menyebabkan kesalahan fatal pada data yang diolah .untuk itu anda sebaiknya menguji integritas data setelah Overclock.

Kompatibilitas komponen

Tidak semua komponen mempunyai kompatibilitas dengan sistem yang sudah di Overclock terutama jika mengOverclock melalui bus clock.

1 Response to "Konsep Teknologi Overclock"

ooo ternyata overclock oti musti ati-ati ya? n paling tidak, sudah tahu seluk beluk overclock n segala antisipasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

RSS Berita Terbaru

  • Seputar Open Source 29 April 2009
    Seputar Open Source 1. Sistem Operasi Tugas utama dari sebuah sistem operasi adalah menyediakan interface (antarmuka) antara aplikasi user dan hardware (perangkat keras) komputer. Aplikasi user adalah program yang ditulis untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya seperti program akuntansi, pemrosesan data, perangkat lunak database, manajemen s […]
    SMA NEGERI 8 BALIKPAPAN
  • Membuat Linux Live Cd 29 April 2009
    Membuat Linux Live Cd 1. Installasi Dalam installasi ini yang harus diperhatikan adalah paket-paket yang diinstall (digunakan) dalam artian bahwa paket yang dinstall hanya yang akan digunakan dan tidak menginstall paket-paket yang tidak digunakan, ini bertujuan supaya paket yang diinstall tidak memakan space hardisk terlalu besar karena jika space hardisk ya […]
    SMA NEGERI 8 BALIKPAPAN
  • bunyi aneh pas kita BOOTING !!! 25 April 2009
    bunyi aneh pas kita BOOTING !!! BIOS jadi cerewet dengan ngeluarin bunyi tiiit…tiiit…tiiiiiiiiiiiiitttttt…DOOR!!! BIOS bisa disebut sebagai system operasi hardware pertama yang terpasang pada mainboard berbentuk chip hitam dengan spesifikasi yang berbeda-beda pada masing-masing mainboard. Saat komputer dihidupkan, BIOS melakukan POST (power-on self test). PO […]
    SMA NEGERI 8 BALIKPAPAN
%d blogger menyukai ini: